Page

Sunday, July 17, 2016

Profil Desa Labuhan

Hasil gambar untuk desa labuhan kec. sepulu
Desa Labuhan merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan. Kecamatan Sepulu terletak di bagian Utara Kabupaten Bangkalan dengan ketinggian 2-150 meter di atas permukaan laut. Luas wilayahnya adalah 73,25 km². Kecamatan sepulu sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Tanjung Bumi. Selatan berbatsan dengan Kecamatan Geger. Sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Klampis. Sebelah utara laut lepas (Laut Jawa). Desa Labuhan terdiri dari Dusun Labuhan dan Dusun Masaran.
       Mayoritas kepala keluarga dan pemuda di desa ini pergi merantau ke luar Madura dan bekerja diluar Madura sehingga penduduk yang menempati desa saat ini sedikit. Sedangkan untuk mata pencaharian di Desa Labuhan mayoritas bekerja sebagai nelayan. Sedangkan sisanya bekerja sebagai petani, pedagang dan Pegawai desa atau PNS. Kondisi perekonomian penduduk di desa ini dapat dikatakan menengah kebawah karena melihat mayoritas bekerja sebagai nelayan.
       Tingkat pendidikan penduduk di desa ini rata-rata adalah tamat SMP atau sederajat dan masih ada penduduk yang buta huruf. Sedangkan untuk fasilitas pendidikan di desa ini hanya ada 1 Paud, 1SD, 1 Madrasah. Kelembagaan yang ada di Desa Labuhan hanya ada pemerintah desa. Kelembagaan di desa ini kurang aktif sehingga perlu ada pemberdayaan masyarakat khususnya kepada lembaga yang ada agar dapat turut serta membangun kemajuan desa.
            Sedangkan untuk kondisi sosial budaya dalam artian kehidupan bermasyarakat, desa ini sangat menjunjung perdamaian, nilai-nilai agama khususnya agama islam karena mayoritas beragama islam, dan masih memperhatikan serta menggunakan nilai-nilai tradisi atau adat setempat. Permasalahan lain di desa ini adalah di area tempat wisata pulau ajaib sedikit kotor dan hal ini dapat mencemari lingkungan. Kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat akan kebersihan menyebabkan lingkungan menjadi kotor selain itu tidak adanya tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di daerah sekitar menyebabkan wisatawan kesulitan untuk membuang sampah akibatnya warga wisatawan membuang sampah sembarangan. Disisi lain kondisi masyarakat yang kurang sadar akan kebersihan menyebabkan timbulnya penyakit. 

            Desa Labuhan memiliki potensi dari segi kelautan, perkebunan, pertanian, peternakan. Dari segi kelautan memiliki potensi ikan. Sedangkan pada perkebunan memiliki potensi mangga. Pada pertanian potensi desa ini adalah padi.  Selanjutnya pada segi peternakan memiliki potensi ayam petelur. Potensi-potensi tersebut umumnya belum mampu dimanfaatkan secara optimal misalnya mangga yang hanya dijual mentahnya ketika panen dan ikan yang hanya dijual langsung tanpa ada olahan lanjutan sehingga nilai jual dari ikan dan mangga tersebut rendah . Masyarakat desa Labuhan umumnya tidak memiliki pengetahuan lebih akan pengolahan lanjutan potensi-potensi yang ada tersebut sehingga potensi tersebut mempunyai nilai jual yang rendah sehingga sangat dibutuhkan sosialisasi lebih lanjut akan potensi unggulan desa agar potensi tersebut lebih bernilai jual dengan cara dilakukan olahan lanjutan dan tidak hanya dijual mentahnya saja. Harapanya masyarakat memiliki jiwa kewirausahaan dan memiliki ide-ide kreatif yang bisa dikembangkan lebih lanjut dari hasil sumberdaya yang dimiliki desa Labuhan. Potensi unggulan di desa ini adalah ikan. 

0 comments:

Post a Comment